Penjelasan Perbedaan Kucing Flatnose Dan Peaknose

2 min read

perbedaan kucing flatnose dan peaknose

Kucing hidung pesek memiliki penggemar tersendiri di kalangan para cat lovers. Karena bentuk hidungnya yang lebih lucu dan membuat kecantikan kucing jenis ini bertambah. Serta menjadi daya tarik tersendiri namun ternyata ada beberapa perbedaan kucing flatnose dan peaknose.

Walaupun semuanya terlihat pesek tetapi ada yang membedakan di antara kedua jenis ini. Cat lovers juga bisa menemukan kucing pesek di berbagai jenis kucing yang ada. Berikut akan dijelaskan jenis kucing dan hal yang membedakannya:

Jenis-Jenis Kucing

Ada beberapa kucing hidung pesek yang sering dicari oleh cat lovers untuk dijadikan peliharaan. Sebelum mengetahui perbedaan kucing flatnose dan peaknose, cat lovers harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis kucing hidung pesek ini.

1. Persia

Jenis yang pertama memang sudah sangat familiar di telinga para cat lovers yang ingin memelihara kucing hidung pesek. Seperti namanya kucing ini berasal dari Persia dan menjadi kucing favorite baik di Indonesia maupun negara lain.

Menjadi salah satu kucing yang diimpor ke negara tetangga yaitu Thailand. Jenis kucing ini bersifat ramah, lemah lembut, periang, cerdas dan santai. Oleh karenanya kucing persia sering dijadikan kucing peliharaan.

2. Munchkin

Kucing yang terkenal dengan kaki pendek dan seiring bertambah usia akan mengalami pemendekan tulang di area kaki. Penampilan dari kucing munchkin sangat terlihat jelas daripada kucing pada umumnya. Postur tubuhnya pun lebih kecil dari kebanyakan kucing lain.

Walaupun kakinya pendek tidak menyurutkan kelincahannya saat bermain. Karakteristik lainnya dari kucing tersebut adalah penyayang, mudah dilatih dan mudah diatur. Kucing ini juga sangat menggemaskan ditambah dengan posturnya yang mungil.

BACA JUGA   7 Cara Mengawinkan Kucing Persia yang Penakut, 100 % Dijamin Berhasil!

3. Himalaya

Kucing yang menjadi hasil perkawinan dari kucing siam dan kucing persia. Postur tubuh kucing ini sangat besar namun memiliki sifat yang sangat manja. Kucing himalaya juga senang bermain dan aktif.

Munculnya kucing ini berawal pada tahun 1920 sampai dengan tahun 1930. Jenis kucing ini mempunyai bulu yang panjang serta lebar dengan tubuh yang padat atau gempal. Ditambah dengan mukanya yang ekspresif.

4. Bombay

Dari segi penampilan, kucing ini terlihat sangat menawan dan eksotis dengan bulu warna hitam yang menjadi ciri khasnya. Termasuk juga kedalam kucing domestik dengan sorot mata yang tajam. Kucing bombay adalah kucing ras yang tergolong baru.

Mempunyai sifat yang senang berinteraksi dengan manusia, sangat pintar dan suka memegang kendali binatang lain. Tidak hanya itu, kucing bombay juga memiliki sifat liar serta sering bersembunyi dari orang lain bahkan pemiliknya.

5. Scottish Fold

Jenis kucing berhidung pesek yang terakhir adalah scottish fold, kucing yang sering bertingkah lucu seperti berbaring, berdiri dan duduk. Kucing ini memiliki telinga yang serupa dengan telinga burung hantu atau owl.

Corak yang dimilikinya pun beragam mulai dari silver, biru dan hitam. Pada dasarnya kucing jenis ini mempunyai bulu yang pendek dan lebat tapi ada juga yang berbulu panjang.

Perbedaan Yang Bisa Diamati

Perbedaan kucing flatnose dan peaknose dapat dilihat secara kasat mata. Mulai dari bentuk tubuh sampai bulu bisa dijadikan acuan untuk membedakannya.

  • Perbedaan yang pertama adalah hidung, ternyata bentuk hidung flatnose dan peaknose berbeda. Untuk flatnose tidak terlalu pesek dan panjang sedangkan untuk peaknose batang hidung turun dan tidak sejajar dengan mata.
  • Kucing flatnose dan peaknose juga memiliki perbedaan dalam bentuk badannya. Flatnose identik dengan tubuhnya yang lebih besar namun sebaliknya peaknose bertubuh gemuk.
  • Flatnose sendiri seperti kucing pada umumnya tetapi untuk peaknose kepalanya bulat dan sedikit segitiga. Wajah dari kucing flatnose bisa flat atau normal tergantung jenisnya.
  • Bentuk mata juga menjadi pembeda antara kucing flatnose dan peaknose. Ciri mata pada flatnose adalah kecil serta bulat, untuk peaknose mata cenderung bulat besar.
  • Pembeda yang terakhir adalah telinga. Struktur telinga flatnose berjarak jauh dan bentuknya runcing. Peaknose juga jaraknya berjauhan antara telinga kanan dan kiri namun bentuknya menutup dan kecil.
BACA JUGA   8 Cara Menggemukkan Kucing Kampung Secara Efektif Dan Dijamin Berhasil

Begitulah perbedaan kucing flatnose dan peaknose yang bisa dilihat hanya dengan mata telanjang. Bagi cat lovers mungkin sudah bisa membedakan kedua jenis kucing tersebut tetapi cara di atas mampu membantu para calon pemilik kucing.

Baca artikel Pet Lover lainnya di Petlovia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *