Alasan Kenapa Kucing Tidak Mau Makan Makanan Kering Seperti Biasanya

2 min read

kenapa kucing tidak mau makan makanan kering

Alasan kenapa kucing tidak mau makan makanan kering cukup beragam. Bagi yang memiliki hewan peliharaan kucing, tentunya merasa bingung bukan ketika kucingnya tak memakan makanan yang diberikan. Sebagai pemilik tentunya berusaha mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya karena takut terjadi hal serius.

Ada kalanya memang kucing tak mau menyantap makanan kering yang biasanya menjadi santapan sehari-harinya. Mengapa demikian? karena sebenarnya banyak hal yang banyak terjadi.

Mulai dari alasan sederhana karena bosan ataupun karena masalah kesehatan tertentu. Beberapa kucing memang ada yang pemilih dalam memilih makanan.  Mari simak penyebabnya:

1. Lebih Menyukai Makanan Basah

Alasan pertama kenapa kucing tidak mau makan makanan kering yaitu karena lebih menyukai makanan basah ketimbang yang kering. Seperti yang sudah diketahui, kucing merupakan jenis hewan karnivora, dan makanan basah terasa seperti daging yang segar.

Makanan basah cenderung lebih tinggi akan kandungan proteinnya, sedangkan makanan kering cenderung lebih tinggi kandungan karbohidratnya. Kucing memang harus konsumsi protein lebih banyak sebagai sumber nutrisinya. Untuk itu terkadang ada kucing yang lebih menyukai makanan yang basah.

2. Kurangnya Kadar Air

Alasan kedua yaitu, kucing merasa dehidrasi karena kurangnya air dalam makanan yang disantapnya. Makanan kering memiliki tekstur yang renyah, padat, rapuh dan berdebu. Jika terus-terusan konsumsi makanan kering, kucing akan mudah terasa haus atau dehidrasi.

Hal itu bisa menyebabkan kucing melakukan mogok makan makanan kering. Ini bisa diakali dengan menambahkan sedikit air pada makanan keringnya supaya mendorong mereka untuk tertarik memakannya. Selain itu juga bisa mencampurkan makan basah dan kering.

BACA JUGA   Begini Cara Memberi Makan Kucing dengan Whiskas Basah Agar Bisa Lahap

3. Makanan yang Tidak Sesuai dengan Usianya

Memberi makanan yang tak sesuai dengan usianya juga mempengaruhi kucing tak menyantapnya. Walaupun terlihat sama bentuknya, namun pemilik perlu memperhatikan pilihan makanan yang tepat untuk kucing tersebut. Masing-masing makanan kucing tentunya memiliki tekstur, bentuk, tingkat kekerasan dan juga ukuran yang berbeda.

Tentunya perbedaan itu ditujukan untuk jenis dan usia kucing tertentu. Maka perlu sekali memperhatikan hal ini. Jangan sampai salah memberikan makanan, yang seharusnya memberikan makanan untuk kitten berusia 2-3 bulan malah menggunakan makanan untuk kucing dewasa.

4. Adanya Perubahan Lingkungan

Faktor penyebab lainnya yaitu kucing berada di lingkungan yang baru atau berbeda. Hal ini memang bisa menjadi pemicu kucing tak ingin menyantap makanannya. Kucing merasa tak biasa pada lingkungannya yang baru dan tidak merasa nyaman.

Hal ini sangat wajar terjadi. Kucing memerlukan adaptasi terhadap lingkungannya sampai merasa nyaman dan aman. Berilah waktu untuk beradaptasi akan situasi tersebut. Jika sudah merasa aman dan bukan merupakan ancaman bagi para kucing, nafsu makan akan muncul kembali.

5. Kurangnya Variasi Makanan

Jika hanya memberi satu jenis makanan, tentunya kucing akan merasa bosan. Manusia jika mengkonsumsi makanan yang sama tiap harinya juga akan merasakan hal yang sama. Untuk itulah, perlunya variasi makanan terhadap kucing.

Tidak melulu kucing selalu diberikan makanan kering. Ada kalanya mereka diberikan cemilan atau makanan basah sesekali. Itu juga dapat menarik nafsu makan pada kucing.

6. Tempat Makan yang Kotor

Wadah yang kotor juga membuat kucing kehilangan nafsu makannya. Jika sudah lama tidak dibersihkan tempat makan tersebut tentunya akan kotor dan berdebu. Bahkan sampai terkena makanan yang berada di wadah tersebut.Terkadang juga ada semut yang mengerubungi makanan kucing.

BACA JUGA   6 Cara Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir Agar Tidak Mati dengan Benar

Pemilik perlu sering-sering mengecek dan membersihkan tempat makanannya supaya tetap terjaga kebersihannya. Menghindari semut, pemilik dapat meletakkan wadah makanan di atas wadah yang berisi air atau letakkan makanannya yang aman dari semut dan debu.

7. Adanya Gangguan Kesehatan

Alasan terakhir kenapa kucing tidak mau makan makanan kering bisa jadi adanya gangguan kesehatan pada kucing tersebut. Kemungkinan itu bisa saja terjadi, misalnya ada infeksi ataupun gangguan pencernaan atau penyakit yang diderita kucing. Hal itu tentunya  menyebabkan hilangnya nafsu makan.

Permasalahan pada bagian mulut juga bisa terjadi, misal gigi yang patah, penyakit gusi dan rahang yang sakit. Itu juga memicu kegiatan mengunyah akan terasa sakit dan kucing jadi tidak mau menyentuh makanannya. Kalau misal terjadi berhari-hari, silakan periksa langsung untuk mendapatkan pertolongan.

Demikian beberapa alasan kenapa kucing tidak mau makan makanan kering yang telah diberikan. Tak hanya itu, sebenarnya banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Maka dari itu berhati hatilah saat memberi makan kucing dengan makan makanan yang kering.

Baca artikel Pet Lover lainnya di Petlovia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *