7 Jenis Kucing Hutan Yang Boleh Dipelihara, Wajib Diketahui

2 min read

kucing hutan yang boleh dipelihara

Petlovia.com – Kucing hutan ialah kucing yang hidupnya tersebar di seluruh hutan di dunia. Namun, kebanyakan keberadaannya sendiri terancam mengalami kepunahan. Bagi pecinta kucing tentu penasaran apa saja kucing hutan yang boleh dipelihara. Simak ulasannya berikut ini:

1. Kucing Bengal

Ini merupakan jenis kucing hutan yang berasal dari California, Amerika Serikat dan merupakan hasil dari kawin silang American Shorthair dan Asian Leopard. Bengal memiliki ukuran tubuh panjang serta otot kuat. Bulunya sendiri berwarna coklat dan hitam.

Dikenal sangat cerdas dan pemberani, kucing ini sangat diidam-idamkan oleh sebagian besar pecinta kucing. Hal menarik dari jenis bengal ini adalah memiliki sifat yang suka mandi dan bermain air. Ini akan membuat pemiliknya tidak merasa kerepotan ketika ingin memandikan kucing tersebut.

2. Kucing Kuwuk

Kucing hutan yang boleh dipelihara berikutnya ialah kuwuk yang banyak ditemukan di kawasan Asia. Kuwuk memiliki corak mirip macan tutul di sekujur tubuhnya. Bagi pecinta kucing yang ingin memelihara harus memiliki sertifikat resmi dari pemerintah.

Di kawasan Asia Selatan, kucing ini memiliki warna bulu dengan dominasi coklat kekuningan. Berbeda dengan wilayah Timur dan Utara dimana warnanya didominasi oleh abu-abu pucat. Kucing hutan ini lebih aktif di malam hari dan memiliki fisik kuat.

3. Kucing Hutan Norwegia

Jika kucing hutan identik dengan kekuatan fisik dan ketangguhannya, makan kucing hutan Norwegia memiliki sifat berbanding terbalik. Jenis kucing ini memiliki sifat lembut, ramah dan menyukai manusia.

BACA JUGA   Kuсіng Persia Mіx Mаіnе Cооn. Apa yang Hаruѕ Andа Kеtаhuі ?

Kucing ini memiliki ukuran jumbo dengan bulu yang sangat tebal dan tahan air. Ketika ingin memandikan maka membutuhkan tenaga yang cukup besar pula. Untuk beratnya sendiri bisa mencapai 10 kg. Berat ini cukup fantastis jika dibandingkan kucing peliharaan pada umumnya.

4. Macan Dahan Benua

Kucing hutan yang boleh dipelihara ini ditemukan hidup di berbagai wilayah di dunia.  Memiliki bulu dengan warna kelabu kecoklatan dan terdapat bintik hitam di tubuhnya. Selain itu juga kucing juga memiliki kaki dengan ukuran pendek namun telapak kakinya berukuran besar.

Tubuhnya bisa mencapai ukuran hingga 95 cm dengan ekor panjang bergaris dan bintik hitam. Kucing ini lebih sering berada di atas pohon dan aktif di malam hari dan. Gerakannya sangat lincah dan dapat melompat dari pohon satu ke pohon lainnya.

5. Kucing Batu

Kucing hutan yang satu ini juga bisa dipelihara dengan syarat yang harus dipenuhi tentunya. Ciri fisiknya yaitu panjang tubuh mencapai 62 cm dengan ekor kurang lebih 55 cm. Untuk berat tubuhnya sendiri bisa mencapai 5 kg.

Warna bulunya mirip dengan kucing dahan yaitu coklat, abu, kuning hingga hitam. Kucing hutan yang boleh dipelihara ini senang berburu hewan kecil seperti tupai, tikus, reptil hingga burung. Selain itu, kucing ini juga aktif di malam hari.

6. Kucing Emas Asia

Jenis kucing hutan yang satu ini hampir hidup di semua kawasan Asia Tenggara dan masuk dalam klasifikasi kucing yang hampir punah. Habitat favorit dari kucing ini yaitu di wilayah hutan yang diselingi daerah berbatu.

BACA JUGA   Kuсіng Mаіnе Cооn Mіx Anggora. Aра уаng Hаruѕ Andа Ketahui ?

Kucing emas Asia memiliki berat tubuh kisaran 9 hingga 16 kg. Kelebihan dari kucing jenis ini yaitu bisa menaiki pohon dengan sangat cepat. selain itu juga mampu melumpuhkan mangsanya yang berukuran besar seperti sapi dan kerbau.

7. Kucing Hutan Jawa

Kucing hutan yang boleh dipelihara selanjutnya kucing hutan Jawa. Sesuai namanya, kucing ini memiliki habitat yang banyak di pulau Jawa. Tidak hanya di hutan, namun kucing ini juga bisa dijumpai di lahan kebun masyarakat sekitar.

Jika dilihat sekilas, fisiknya hampir sama dengan kucing kampung, namun ukuran badannya jauh lebih besar dibandingkan kucing kampung. Bulunya berwarna abu-abu gelap dengan corak bulat pada bulu tubuhnya. Kucing ini ahli dalam melompat, memanjat, dan berenang.

Beberapa kucing hutan yang boleh dipelihara di atas bisa menjadi referensi bagi pecinta kucing yang ingin mengadopsi jenis kucing hutan. Namun perlu diperhatikan bahwa kucing hutan memiliki sifat lebih liar sehingga perlu perhatian dan perlakuan yang khusus agar tetap  aman.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *